13 Cara Mencuci dan Membersihkan Jaket Kulit yang Benar - Jaket Kulit Domba

13 Cara Mencuci dan Membersihkan Jaket Kulit yang Benar


Cara Mencuci Jaket Kulit Domba yang Benar - Gemar menggunakan jaket kulit di setiap kesempatan memang sangat menyenangkan, karena jaket kulit sangat cocok untuk digunakan dalam penampilan formal maupun casual. Akan tetapi seringnya digunakan akan membuat jaket kulit menjadi kotor dan bau. Lalu bagai mana cara untuk mencuci dan membersihkan jaket kulit yang baik dan benar?

Untuk mencuci jaket kulit memang membutuhkan penanganan khusus, salah dalam mencuci justru akan membuat jaket kulit kesayangan akan menjadi rusak. Untuk membersihkan dan mencuci jaket kulit, Anda bisa menggunakan jasa Dry Clean di tempat yang terpercaya atau Anda juga bisa mencucinya sendiri di rumah.

Siapkan bahan-bahan berikut
  • Spon
  • Handuk atau kain
  • Deterjen
  • Pengharum pakaian
  • Air hangat
  • Hanger
  • Hair dryer
  • Lotion khusu jaket kulit

Berikut 13 cara mencuci dan membersihkan jaket kulit yang benar
  1. Pastikan perlatan yang digunakan tidak memiliki permukaan yang kasar dan tajam, untuk menghindari kerusakan jaket.
  2. Usap secara merata permukaan luar jaket kulit dengan spon yang telah di basahi oleh air hangat, tak perlu sampai basah kuyup yang peting noda atau debu yang menempel terangkat.
  3. Lalu usap kembali permukaan luar jaket dengan handuk atau kain sehingga permukaan kulit menjadi lebih kering.
  4. Untuk mencuci bagian dalam jaket / furing, larutkan sedikit deterjen kedalam air hangat. 
  5. Balik jaket kulit sehingga bagian dalam jaket berada di luar.
  6. Lalu usap bagian dalam jaket kulit dengan spon secara merata denga air sabun. Tak perlu sampai basah kuyub.
  7. Setelah itu bilas kembali dengan spon yang telah basah dengan air bersih, bisa di tambahkan dengan pengharum pakaian.
  8. Lap dengan handuk atau kain bersih untuk mengurangi kadar air.
  9. Hanger jaket dan angin-anginkan ditempat yang tidak langsung terkena sinar matahari.
  10. Untuk mempercepat proses pengeringan, bisa menggunakan hair dryer.
  11. Setelah jaket kering, balik kembali jaket ke posisi semula.
  12. Ules permukaan kulit jaket dengan lotion khusus dan ratakan dengan spon.
  13. Jaket kembali bersih dan mengkilap.
Demikian cara mencuci jaket kulit yang baik dan benar. Pada intinya adalah usahakan jaket kulit tidak terlalu jenuh menyerap air, sehingga teksture kulit tidak menjadi rusak dan kaku.

7 Kesalahan Fatal Merawat Jaket Kulit yang Umumnya Sering Dilakukan


Masih banyak orang yang belum tahu cara merawat jaket kulit yang benar, sehingga jaket kesayangannya menjadi rusak pada saat di cuci. Kesalahan fatal tersebut sebetulnya dapat kita hindari sehingga jaket kulit Anda dapat awet dan bertahan lebih lama.

Berikut kesalahan fatal dalam mencuci jaket kulit

  1. Merendam jaket kulit kedalam air. Sudah pada dasarnya kulit mampu menyerap air dengan baik, dengan merendam jaket kulit akan membuat kadar air dalam kulit meningkat dengan cepat. Semakin lama terendam, pori-pori pada kulit akan semakin membesar. Hal ini lah yang akan merusak teksture bahan kulit pada jaket.
  2. Mencuci jaket kulit dengan mesin cuci. Jaket kulit tidak bisa dicuci dengan mesin cuci, selain akan terendam air, permukaan mesin cuci dapat merusak kulit jaket. Lebih baik jaket kulit dicuci secara manual dengan cara di atas atau di serahkan pada laundry yang sudah terampil dan terpercaya.
  3. Mengkilapkan Jaket Kulit Dengan Mengoleskan minyak pada permukaan jaket. Informasi yang menyarankan dan merekomendasikan untuk memberikan minyak kelapa atau pun minyak zaitun pada permukaan jaket kulit untuk mengkilapkan adalah menyesatkan dan salah. Memang setelah kulit jaket di beri minyak akan membuat permukaan jaket menjadi mengkilap jika terkena cahaya matahari, akan tetapi akan berefek fatal pada jaket kulit. Mengkilap yang di hasilkan oleh minyak adalah palsu, justru minyak akan membuat debu dan kotoran akan cepat menempel pada jaket kulit. Bukan hanya itu, permukaan jaket yang berminyak akan menjadi lebih kering yang mengakibatkan munculnya retak-retak pada kulit jaket.
  4. Merawat jaket kulit dengan baby oil. Meskipun baby oil merupaka bahan yang aman untuk kulit bayi akan tetapi kandungan dalam baby oil bukan lah diperuntukkan untuk jaket kulit. Gunakan lah lotion khusus jaket kulit untuk medapatkan hasil yang optimal.
  5. Jaket kulit yang jarang digunakan lebih awet. Hal ini tidak sepenuhnya benar, justru jaket kulit yang sering digunakan akan membuat bahan kulit lebih lentur dan lembut.
  6. Meyimpan jaket kulit dengan dilipat. Beberapa orang melipat jaket kulit untuk dapat disimpan ke dalam lemari pakaian. Akan tetapi hal ini bisa membuat jaket kulit menjadi kusut, parahnya akan membuat lekukan dan retakan pada permukaan kulit jaket. Sebaiknya jaket disimpan dalam kondisi di gantung dan di hanger untuk menghindari kusut.
  7. Menyimpan jaket kulit di lemari pakaian. Jaket bisa Anda simpan di dalam lemari pakean jika sedang tidak digunakan, akan tetapi perlu di perhatikan adalah sirkulasi udara dan tingkat kelembapan ruang penyimpanan. Karena kulit jaket akan sangat rentan terkena jamur jika terlalu lama di tempat yang lembab. Ada baiknya jaket kulit beberapa hari sekali digunakan atau di angin-anginkan untuk menjaga kelembapan jaket.
Demikian lah 13 Cara Mencuci dan Membersihkan Jaket Kulit yang Benar dan 7 Kesalahan Fatal Merawat Jaket Kulit yang Umumnya Sering Dilakukan. Semoga dengan membaca dan tahu cara merawat jaket kulit akan membuat jaket kulit kesayangan Anda dapat bertahan lama.

Cara Mengilangkan Jamur Pada Jaket Kulit


Jaket kulit memang rentan terkena jamur jika di simpan di tempat yang lembab dan memiliki sirkulasi udara yang buruk. Hal ini sangat lah wajar, sama halnya dengan kulit manusia, kulit jaket juga memiliki sifat alami mudah terkena jamur.

Jamur yang timbul pada jaket bisa di antisipasi dan dihindari dengan cara sebagai berikut

  1. Sering gunakan jaket kulit Anda, dengan anda sering menggunakan jaket kulit maka kelembapan kulit jaket akan terjaga.
  2. Gantung jaket di hanger dan taruh di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.
  3. Gunakan lotion khusus jaket kulit untuk menghindari jamur
  4. Cuci dan bersihkan jaket kulit paling tidak sebulan sekali jika jarang di gunakan.
Tapi bagai mana jika jaket kulit sudah terlanjur terkena jamur? Tak perlu panik, Anda masih bisa menghilangkan jamur yang muncul dengan cara berikut.

  • Siapkan lotion khusus jaket kulit, lotion ini biasanya disertakan pada saat Anda membeli jaket kulit. Akan tetapi jika Anda tidak mimilikinya, Anda bias mendatangi toko yang menjual bahan kulit untuk membelinya atau di toko online. Biasanya lotion khusus jaket kulit ini dikemas dalam botol spray.
  • Semprot lotion pada permukaan kulit jaket yang terkena jamur.
  • Usap-usap secara lembut dengan menggunakan kain sampai noda terangkat.
  • Jika jamur masih aja sukar untuk dibersihkan, semprot kembali permukaan kulit yang berjamur lalu diamkan beberapa saat lalu usap kembali dengan kain.

Jika ingin mendapatkan jaket kulit berkualitas dan terpercaya, Anda bisa mencoba ke JaketKulitDomba.com dengan merek Brida Leather Jacket. Dengan di dukung oleh tenaga ahli dibidangnya, membuat produksi jaket kulit kami lebih rapi menjadi banyak digemari oleh para konsumen. Bukan hanya itu, Brida Leather Jacket selalu menawarkan produk dengan kualitas tinggi dan garansi keaslian kulit yang dapat dipercaya. Soal harga di Brida Leather Jacket sangat lah bersaing, karena Anda beli langsung ke pabriknya.