7 Cara Lengkap Merawat Jaket Kulit Dengan Baik dan Benar - Jaket Kulit Domba

7 Cara Lengkap Merawat Jaket Kulit Dengan Baik dan Benar


Cara merawat jaket kulit sebenarnya sangatlah mudah, akan tetapi kebanyakan orang salah dalam melakukan perawatan yang baik dan benar. Kesalahan dalam merawatnya akan membuat jaket jadi cepat rusak, jaket kulit menjadi kaku, kulit pecah-pecah, terlihat kusam dan kusut. Sebaliknya, jika jaket dirawat dengan baik dan benar akan membuat jaket semakin lama semakin tampak exklusif dan mampu bertahan selama puluhan tahun. Lalu bagai mana cara merawat jaket kulit yang baik dan benar?

Memiliki jaket kulit asli merupakan impian bagi banyak orang, akan tetapi tak semua orang dapat membeli karena harganya yang lumayan mahal bagi beberapa orang. Mahalnya jaket kulit di sebabkan karena proses penyamakan kulit di Indonesia khususnya di Garut masih menggunakan cara manual yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan tenaga manusia yang cukup banyak.

Meskipun demikian jaket kulit tidak pernah kehabisan peminatnya, semenjak pertama kali diproduksi pada tahun 1900an (menurut wikipedia) dan digunakan oleh para pilot pengebom pada perang dunia kedua untuk melawan cuaca extrim pada saat menerbangkan pesawat dan ternyata produksi jaket kulit banyak diminati oleh masyarakat. Hingga sekarang, jaket kulit selalu memiliki tempat tersendiri bagi penggemarnya.

Membludaknya peminat jaket kulit membuat jaket kulit mulai diproduksi secara masal, bukan hanya untuk kalangan militer akan tetapi juga untuk kalangan umum. Banyaknya peminant jaket kulit dikarenakan jaket kulit terkenal akan bahannya yang bisa membuat badan tetap hangat ketika di gunakan di cuaca extrim. Bahan dasar kulit pun sangatlah kuat sehingga membuat jaket dapat betahan selama bertahun-tahun pemakaian. Selain itu, jaket kulit dipercaya dapat meningkatkan rasa percaya diri pemakainnya karena tampak mewah, elegan dan cocok di gabungkan dengan beraneka macam jenis fashion.

Untuk dapat merawat jaket kulit dengan baik, sebelumnya kita harus tahu dulu jenis kulit sebagai bahan dasar di gunakan dalam pembuatan jaket. Pada umumnya bahan baku jaket kulit yang sering di gunakan adalah dari kulit domba, kulit sapi, kulit kambing dan semi kulit atau bisa juga disebut kulit buatan.

Untuk bahan semi kulit sendiri tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus karena bahan dasarnya adalah palstik, sehingga mampu bertahan di dalam air serta mudah untuk di cuci atau dibersihkan dengan cara biasa. Beda halnya dengan bahan kulit asli, dimana bahan dari kulit asli akan rusak jika terkena air terlalu lama.

7 Cara Merawat Jaket Kulit Dengan Baik dan Benar

Cara merawat jaket kulit asli sendiri sebenarnya tak jauh beda dengan merawat tas atau sepatu yang berbahan dasar kulit. Pada umumnya barang yang berbahan dasar kulit tidak tahan oleh air, sehingga butuh perhatian khusus ketika akan mencuci atau waktu terkena air. Jika tidak ditangani dengan benar akan membuat jaket kulit menjadi rusak. Sayangnya banyak yang belum tahu cara merawat jaket kulit dengan baik dan benar. Dan berikut adalah tips dan cara merawat jaket kulit yang bisa diterapkan di rumah.

1. Jangan Merendam Jaket Kulit ke Dalam Air

Banyak orang melakukan kesalah dengan membiarkan jaket kulit terendam air dengan maksut ingin membersihkan ataupun mencucinya. Dengan merendam jaket kedalam air akan menyebabkan jaket kulit kehilangan kelembutannya dan akan terasa lebih kaku serta rusak.

Pada sifal alaminya, kulit mudah menyerap air. Akan tetapi karena bahan kulit jaket diproses sedimakian rupa dengan obat-obat tertentu membuat bahan kulit menjadi kering dan memiliki tingkat kadar air tertentu sehingga memiliki teksture yang lembut dan lemas.

Jika bahan kulit terlalu lama terkena air apa lagi sampai terendam air, akan mengakibatkan pori-pori kulit yang tadinya memiliki kadar air sedikit akan menyerap terlalu banyak air. Pori-pori kulit akan berubah membesar karena penyerapan air sehingga teksture juga mengalami perubah. Setelah jaket kulit mengering tidak serta merta mengembalikan teksture seperti semula.

Lalu bagai mana jika hal itu sudah terlanjur terjadi? Jika hal tersebut telah terlanjur terjadi, langkah awal yang bisa diambil adalah dengan mengeringkan di tempat yang tidak langsung terkena paparan sinar matahari, karena pengeringan secara cepat dan drastis justru akan merusak tekstur kulit. Biarkan terangin-angin sehingga dapat kering dengan sendirinya. Untuk mendapatkan pengeringan yang optimal, bisa juga dibantu dengan menggunakan hair dryer dengan mengatur tingkat panas yang cukup atau tidak terlalu panas.

Jika setelah jaket kering tetapi tekstur jaket tidak kunjung bisa kembali kesediakala, seperti jaket kulit yang menjadi lebih kaku maka bisa dicoba dengan memberikan lotion perawatan jaket kulit yang biasanya disertakan satu paket pada saat pembelian jaket kulit atau bisa membelinya di toko kulit. Akan tetapi jika tidak kunjung pulih juga setelah memberikan lotion, mungkin sudah waktunya menyiapkan dana untuk membeli jaket kulit baru di www.jaketkulitdomba.com, tempatnya jaket kulit domba berkualitas dengan harga grosir, dikerjakan oleh tangan-tangan ahli di bidangnya.

2. Cara Mencuci Jaket Kulit yang Benar

Jaket kulit Anda sudah mulai bau dan kotor, Anda ingin mencucinya? Jika hendak mencuci jaket kulit yang bau dan kotor, harus tahu terlebih dahulu teknik dan pantangan yang harus di hindari agar jaket kulit tidak rusak nantinya. Kesalah dalam proses mencuci ini banyak dilakukan oleh para pemilik jaket kulit baru, dan hasilnya setelah proses mencuci bukan jaket yang bersih yang di dapat malah membuat jaket kulit menjadi rusak. Sebelum proses mencuci jaket kulit ada lima hal yang harus Anda tahu yang bisa merusak jaket kulit pada saat proses mencuci:
  1. Jangan merendam jaket kulit kedalam air. Dengan merendam jaket kulit justru akan membuat jaket kulit menjadi rusak.
  2. Hindari mencuci dengan mesin cuci karena akan merusak jaket kulit dengan cepat. Lebih baik jaket kulit di cuci dengan cara manual atau jika Anda tidak ada waktu, serahkan pada laundry yang terpercaya.
  3. Jangan menggunakan bahan-bahan yang mengandung zat kimia keras, seperti detergent, pemutih pakaian dan amonia. Penggunaan bahan-bahan kimia tersebut dapat menyebabkan kulit jaket menjadi sangat kering sehingga bisa mengakibatkan retak-retak pada permukaan kulit jaket. Tak hanya itu, kulit jaket akan berubah menjadi lebih kaku, tidak bisa lemas kembali seperti sedia kala.
  4. Hindari alat-alat yang memiliki permukaan yang tajam dalam proses mencuci jaket kulit, seperti sikat cucian, kawat gosok dll. Untuk menghindari kerusakan akibat goresan pada permukaan kulit.
  5. Jangan menjemur jaket kulit langsung di bawah sinar matahari karena dapat membuat kulit jaket terlalu kering.
Jaket kulit tidak bisa dicuci dengan cara yang biasanya digunakan untuk mencuci pakaian pada umumnya, direndam kedalam air dalam waktu yang lama dan menggunakan bahan kimia yang keras. Berikut adalah 9 cara mencuci jaket kulit yang benar
  1. Siapkan air hangat dan sabun yang sifatnya lembut seperti sunlight sabun cuci piring. Campurkan sunlight secukupnya kedalam air hangat dengan perbandingan 1:10 dan aduk rata samapai larut.
  2. Basahi busa atau kain yang lembut dengan larutan sunlight lalu peras agar tidak terlalu banyak mengandung air, kemudian usap permukaan jaket kulit secara lembut dan merata agar noda dan debu-debu yang menempel terangkat.
  3. Begitu juga untuk bagian dalam jaket, usap secara merata dengan larutan sunlight. Tak perlu sampai basah kuyup, basahi secukupnya saja.
  4. Kemudian bilas permukaan jaket dengan air bersih dengan mengulang cara yang sama seperti langkah-langkah di atas.
  5. Selanjutnya lap permukaan jaket kulit dengan handuk atau kain yang bersih sampai kering
  6. Taruh jaket di hanger kemudian di angin-anginkan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang bagus.
  7. Dalam proses pengeringan jangan langsung di taruh dibawah paparan sinar matahari, karena justru akan membuat kulit jaket terlalu kering.
  8. Untuk bagian dalam jaket bisa di bantu mengeringkan dengan hair dryer.
  9. Jaket kulit domba garut akan kembali bersih dan siap digunakan kembali
Demikian cara mencuci jaket kulit, cukup mudahkan untuk mencuci dan merawat jaket kulit? untuk mencuci jaket tak perlu terlalu sering di lakukan, cukup satu bulan sekali atau pada saat jaket sudah sangat kotor dan bau.

3. Mengatasi Jaket Kulit yang Terkena Noda

Tak jarang pula jaket kulit terkena noda yang sukar untuk di hilangkan. Tenang saja, Anda bisa membersihkan noda tersebut sendiri dengan bahan-bahan yang biasa tersedia di rumah. Berikut beberapa bahan yang aman dan dapat Anda gunakan untuk membersihkan jaket kulit kesayangan.
  • Pasta Gigi
Untuk membersihkan noda, bisa dicoba dengan menggunakan pasta gigi yang sering kita gunakan. Caranya adalah dengan menaruh pasta gigi pada ujung jari lalu diusapkan ke noda yang menempel dengan lembut sampai noda terangkat. Setelah noda hilang atau memudar, segera usap dengan busa atau kain yang di beri sedikit air.
  • Spiritus
Spiritus bisa digunakan untuk menghilangkan noda yang membandel. Caranya tuangkan sedikit spiritus ke busa atau kain yang lembut dan usap ke noda yang menempel pada permukaan kulit jaket sampai noda menghilang. Tapi perlu menjadi catatan bahwa jangan terlalu keras menggunakan bahan ini karena dapat menghilangkan cat pada bahan kulit.
  • Baking Soda
Untuk noda yang berminyak bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan. Taburkan serbuk baking soda ke noda yang menempel, usap dengan busa basah. Biarkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan lap atau anduk bersih.
  • Tepung Maizena
Maizena juga bisa digunakan untuk membersihkan noda yang tertinggal di permukaan kulit jaket. Cara menggunakannya adalah dengan menaburkan tepung maizena ke noda dan beri sedikit air lalu usap-usap lembut. Biarkan beberapa saat dan usap kembali dengan menggunakan kain bersih.
  • Penghapus Cat Kuku
Noda masih tak kunjung menghilang? Penghapus cat kuku wanita bisa di coba untuk di gunakan untuk menangani masalah noda tersebut. Taruh penghapus cat kuku di ujung jari, lalu usap perlahan ke arena yang terkena noda sampai noda menghilang. Lalu bersihkan dengan lap bersih.

4. Agar Jaket Kulit Tidak Kusut

Tak jarang pula jaket kulit akan terlihat kusut, hal ini bisa terjadi karena jaket disimpan dengan dilipat atau pun terjadi tekukan pada saat di gunakan. Hal tersebut bisa digunakan dengan cara menghanger dan angin-anginkan jaket kulit yang sedang tidak di gunakan. Berat dari kulit itu sendiri akan menarik alami ke bawah sehingga menghilangkan kusut jaket.

Agar lebih rapi, bisa juga dioleskan losen perawatan kulit jaketnya. Lotion akan melembabkan permukaan pori-pori kulit jaket sehingga mudah untuk di rapikan. Jika masih belum bisa mengilangkan kusut pada jaket kulit, bisa juga dengan cara mensetrika permukaan jaket secara tidak langsung mengenai permukaan setrika, hal ini akan menjaga cat yang ada pada kulit tidak rusak. Lapisi terlebih dahulu dengan kain, baru distrika di atas kain dengan suhu yang sedang dan tidak terlalu panas.

5. Mengatasi Jaket Kulit yang Kusam

Kusam biasanya diakibatkan karena sering terkena terik matahari, debu atau juga karena jaket sudah berusia cukup lama. Banyak artikel di google yang menyarakan menggunakan semir sepatu seperti kid, baby oil dan minyak kayu putih untuk mengilangkan kusam pada jaket kulit. Tapi cara tersebut tidak kami anjurkan, karena bahan yang disebutkan tersebut memang diciptakan bukan untuk kebutuhan jaket kulit.

Cara yang benar adalah dengan mengoleskan lotion yang khusus diciptakan untuk kebutuhan jaket kulit. Semprotkan lotion pada permukaan jaket dan ratakan dengan spon lembut ke permukaan kulit. Dan lihat hasilnya, jaket akan kembali mengkilat seperti baru kembali seperti sedia kala.

6. Mengatasi Jaket Kulit yang Terkena Jamur

Tempat penyimpanan yang lembab dan sirkulasi udara yang kurang baik akan membuat munculnya jamur pada jaket kulit. Tanda jaket terkena jamur, muncul bintik-bintik putih pada permukaan jaket. Jika sudah seperti itu, langkah yang bisa di ambil adalah dengan memindahkan dan menaruh jaket di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak lembab. Oleskan lotion khusus perawatan jaket pada permukaan kulit yang terkena jamur tersebut.

7. Ketika Cat Kulit Mulai Memudar

Usia jaket yang sudah cukup lama atau permukaan kulit yang sering tergesek-gesek akan membuat warna jaket kulit mulai memudar, tapi tak perlu khawatir karena kita bisa mengecat ulang jaket sehingga jaket akan tampak seperti baru kembali.

Cara Mencuci Bagian Dalam Jaket Kulit

Bagian dalam jaket kulit lama kelamaan akan menjadi bau jika sering di gunakan, karena bagian tersebut merupakan bagian yang paling lembab dan sering terkena keringat kita langsung. Lalu bagai mana cara mencuci bagian dalam jaket yang baik dan benar agar jaket tidak menjadi rusak.

Bahan yang dibutuhkan untuk mencuci
  • Detergent bubuk atau cair
  • Penetral busa
  • Sikat Gigi
  • Air hangat
  • Kain bersih
  • Hanger
  • Hair Dryer
Berikut adalah cara mencuci bagian dalam jaket
  1. Balik jaket sehingga bagian dalam jaket berada di luar untuk mempermudah untuk mencuci bagian dalam jaket.
  2. Campurkan detergent secukupnya dengan air hangat.
  3. Sikat seluruh bagain dalam jaket dengan menggunakan sikat gigi memiliki bulu lembut bersama larutan detergent.
  4. Larutkan pewangi pakian yang memiliki bahan penetral busa kedalam air.
  5. Usap kembali kain dalam jaket dengan kain bersih beserta larutan pewangi pakaian tersebut.
  6. Hanger jaket lalu angin-anginkan di tempat yang teduh, tidak langsung terkena sinar matahari.
  7. Gunakan hair dryer untuk membantu mengeringkan jaket kulit.
Sudah mencuci tapi masih tapi masih muncul bau yang menyengat, hal yang harus dilakukan adalah menghubungi toko jaket kulit untuk mengganti kain bagian dalam jaket dengan yang baru. Biasanya membutuhkan waktu yang sedikit panjang, karena proses permak memang lebih susah dari pada membuat jaket baru.

Cara Merawat Jaket Kulit Sintetis

Cara merawat jaket kulit sintetis sebenarnya lebih mudah ketimbang jaket yang berbahan dasar kulit asli. Bahan dasar kulit sintetis sebenarnya adalah semacam plastik, sehingga lebih tahan air di banding dengan jaket yang menggunakan bahan kulit asli. Akan tetapi cara merawat jaket kulit sintetis yang salah akan membuat jaket sintetis mudah untuk rusak.

Beriku cara untuk merawat jaket kulit sintetis agar tetap awet
  1. Hanger jaket ketika sedang tidak di gunakan agar permukaan jaket tidak menjadi kusut
  2. Taruh jaket di tempat yang memiliki sirkualis udara yang baik
  3. Jangan taruh di tempat yang lembab
  4. Jika jaket kulit sintetis terkena jamur, usap bagian jaket yang terkena jamur dengan kain yang telah dibasahi air hangat
  5. Untuk mengurangi bau pada jaket, bisa di taruh penetral bau pakain yang banyak di jual di toko
  6. Jika ingin mencuci jaket kulit sintetis, sebaiknya jangan terlalu lama di rendam kedalam air. Cukup dengan mengusap permukaan jaket dengan kain yang di beri air sabun dan membilasnya dengan mengusap kembali dengan kain yang basah.
  7. Jangan menggunakan mesin cuci untuk mencuci jaket kulit
  8. Jika tidak ada waktu mencuci, sebaiknya jaket kulit di laundry di tempat yang terpercaya
  9. Untuk menjaga warna dan mengkilapkan jaket kulit sintetis, bisa mengoleskan lotion khusus jaket ke permukaan luar.
Demikian 9 cara yang bisa kita lakukan di rumah untuk merawat jaket kulit sintetis kesayangan kita. Dengan merawat secara baik dan benar akan membuat jaket kulit sintetis akan berumur lebih panjang.

Cara Merawat Jaket Kulit Dengan Baby Oil

Baby oil dipercaya dapat mengkilapkan dan melenturkan jaket kulit yang kaku. Tapi benarkah cara merawat jaket kulit dengan baby oil adalah cara yang tepat? Pada umumnya, masyarakat menganggap baby oil merupakan bahan yang aman di gunakan dalam merawat jaket kulit karena di buat dari bahan yang aman dan peruntukkan untuk kulit bayi.

Berikut cara merawat jaket kulit dengan baby oil
  1. Tuangkan baby oil ke dalam air hangat
  2. Gunakan spon atau kain yang lembut untuk mengusap larutan baby oil pada permukaan jaket kulit
  3. Keringkan jaket di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak langsung terpapar sinar matahari
Menggunakan baby oil untuk merawat jaket kulit itu tidak sepenuhnya salah. Karena dengan kita mengoleskan baby oil bertujuan agar mendapatkan kulit jaket menjadi lebih lembut. Tapi perlu di ketahui bahwa bahan kulit jaket itu tidak sama dengan kulit bayi. Bahan kulit jaket terbuat dari kulit hewan yang di samak dengan beraneka macam obat lalu kemudian di cat untuk menghasilkan warna tertentu.

Benarkah baby oil bisa membuat kulit jaket lebih lemas dan lentur? pada dasarnya dengan mengusap baby oil pada permukaan jaket kulit akan membuat jaket kulit menjadi lebih lembab sehingga akan membuat jaket lebih lemas. Akan tetapi memiliki efek samping yaitu warna jaket kulit akan menjadi kusam dan pudar jika sering di gunakan.

Cara merawat jaket kulit dengan baby oil kurang lah tepat. Lebih baik menggunakan lotion yang khusus diperuntukkan untuk jaket kulit karena memiliki kandungan dan formula yang dibutuhkan kulit jaket. Lotion bisa didapatkan dengan menghubungi tempat waktu membeli jaket kulit atau bisa juga mencari di toko-toko online.

Lotion Jaket Kulit


Jika kita membeli jaket kulit biasanya akan diberikan bonus berupa lotion untuk perawatan jaket kulitnya atau jika tidak ada, bisa juga kita beli di toko-toko online yang ada, biasanya lotion dikemas dalam botol sprey. Harganya pun tidak terlalu mahal, biasanya berkisaran antara 30 ribu sampai dengan 100 ribu rupiah.

Lotion jaket kulit memiliki banyak manfaat yang sangat berguna, di antaranya
  • Mengembalikan warna dari kulit jaket menjadi lebih mengkilap
  • Tidak merusak warna kulit
  • Menjaga kelenturan jaket kulit
  • Melembutkan kembali bahan jaket kulit
  • Menangkal jamur yang biasanya menyerang jaket kulit jika di taruh pada tempat lembab
  • Lotion bisa juga digunakan untuk barang-barang yang terbuat dari kulit asli maupun sintetis seperti jaket, tas, sepatu, ikat pinggang, dompet dll
Cara memakain lotion jaket kulit cukuplah mudah, cukup dengan menyemprot permukaan kulit domba dengan lotion pada jarak 20 cm kemudian di ratakan dengan spon. Biarkan sejenak sampai permukaan jaket agak kering, lalu usap kembali dengan kain kering yang bersih. Gunakan lotion secara teratur, setidaknya satu bulan sekali.

Cara Merawat Jaket Kulit Dengan Minyak Zaitun

Bisakah minyak zaitun digunakan untuk merawat jaket kulit?  Cara merawat jaket kulit dengan minyak zaitun dan mnyak kelapa banyak kita direkomendasikan oleh beberapa website yang berada di google dan cara ini sangatlah salah sama sekali. Meskipun minyak zaitun terbuat dari bahan alami tetapi penggunaan minyak zaitun dan minyak kelapa hanyalah memberi kilau yang menipu.

Pada kenyataannya minyak zaitun atau minyak kelapa yang di oleskan ke permukaan kulit jaket hanya akan memberi kelembapan yang berlebihan dan akan membuat kulit jaket akan terasa berminyak sehingga debu-debu akan cepat menempel, serta kulit jaket akan gampang pecah-pecah jika terkena sinar matahari.

Cara paling benar untuk merawat jaket kulit adalah dengan lotion yang memang khusu di buat untuk barang-barang yang terbuat dari kulit.

Cara Merawat Jaket Kulit yang Kaku

Apakah jaket kulit terasa kaku? Hal ini sering kita jumpai setelah membeli jaket kulit. Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu karakteristik masing-masing bahan yang di gunakan dalam pembuatan jaket kulit.

Kulit Domba

Kulit domba memang terkenal lebih lembut dari pada bahan kulit lainnya. Selain lembut, kulit domba pun juga tak kalah kuatnya dari jenis kulit yang lain. Makannya harga kulit domba memang sedikit lebih mahal.

Kulit Sapi

Kulit sapi memiliki teksture lebih kaku jika di banding dengan kulit domba. Tetapi memiliki keunggulan lebih tebal sedikit dari pada kulit domba.

Kulit Kambing

Kulit kambing terkenal lebih kaku dari pada kedua jenis kuli di atas. Selain kaku, kulit kambing juga terkenal lebih bau.

Kulit Sintetis atau Buatan

Kulit sintetis sendiri biasanya di buat dari bahan campuran plastik yang dibuat menyerupai teksture kulit asli. Kalau mesalah lembut dan lentur pastilah bahan ini paling jago. Akan tetapi dari segi kekuatan bahan, kulit asli masih jauh lebih kuat dan tahan lama ketimbang sintetis.

Setelah mengetahui karakteristik setiap bahan, maka kita akan paham seberapa lenturkah jaket yang kita miliki. Ada beberapa cara agar jaket kulit yang kita miliki selalu terjaga kelenturannya, berikut cara merawat jaket kulit yg kaku
  1. Dengan cara sering menggunakan jaket kulit. Jika sering digunakan kulit jaket akan menjadi lebih lentur dan lemas secara alami.
  2. Taruh jaket kulit di hanger. Dengan manaruh jaket kulit di hanger akan membuat kulit jaket tertarik gravitasi bumi, sehingga membuat jaket lebih lentur.
  3. Gunakan lotion khusus untuk kulit jaket. Semprot dengan jarak 20 cm dan oleskan secara merata pada permukaan kulit jaket dengan spon setidaknya lakukan hal ini satu bulan sekali untuk menjaga kelembapan kulit jaket.
Kakunya jaket kulit juga bisa terjadi karena kesalahan dalam mencuci atau membersihkan jaket kulit. Biasanya kesalahan fatal yang sering dilakukan adalah dengan merendam jaket kulit kedalam air. Apa lagi ditambah penggunaan bahan ditergen kimia yang terlalu keras dalam proses pencuciannya. Jika sudah terjadi hal seperti itu, maka cobalah 3 langkah di atas. Tetapi tidak bisa menjamin mengembalikan kelenturan jaket yang telah rusak. Demkian cara merawat jaket kulit yg kaku.

Cara Merawat Jaket Kulit Warna Coklat

Cara merawat jaket kulit warna coklat atau pun warna terang lainnya sebenarnya tidak jauh beda dengan jaket kulit yang berwarna gelap seperti hitam. Cuman pada dasarnya, semakin terang warna jaket maka semakin tampak jelas jika jaket terkena noda. Jadi memang harus extra hati-hati untuk menjaga kebersihan jaket kulit warna terang, termasuk warna coklat.

Yang perlu di perhatikan lagi adalah, lipatan dan gesekkan yang terjadi pada saat jaket kulit sering di gunakan. Hal ini sering terjadi pada bagian lengan dan daerah ketiak, dimana cat jaket akan hilang karena seringnya gesekkan dan akan berubah menjadi hitam.

Untuk mengatasinya adalah jangan melipat bagian lengan jaket kulit terlalu sering. Berlotion jaket sesering mungkin pada bagian-bagian yang kiranya sering mengalami gesekkan, paling tidak satu hingga dua minggu sekali. Jika sudah terlanjur berubah warna menjadi hitam, yang perlu di lakukan adalah mengecat ulang permukaan jaket kulit agar warna kembali menjadi sedia kala.

Cara Merawat Jaket Kulit Biar Lemas

Cara merawat jaket kulit biar lemas adalah dengan menggunakan jaket kulit setiap hari atau sesering mungkin. Dengan menggunakan jaket kulit sesering mungkin akan membuat kulit jaket tertarik secara alami. Proses penarikan ini akan membuat jaket akan menjadi lemas dengan sendirinya.

Biar lemas jaket kulit bisa dioleskan lotion khusus untuk jaket kulit. Karena lotion tersebut mengandung bahan yang mampu melembabkan dan merawat cat yang ada di kulit jaket. Biasanya lotion jaket dikemas dalam bentuk botol spray. Penggunaannya pun cukup mudah, hanya dengan menyemprotkan lotion ke permukaan jaket lalu di ratakan dengan spon.

Selalu gunakan hanger pada saat jaket sedang tidak digunakan. Dengan menaruh jaket di hanger akan membuat kulit jaket tertarik ke bawah oleh gravitasi alam. Proses tersebut akan membuat jaket kulit domba garut akan menjadi lemas.

Cara Merawat Jaket Kulit Sapi

Kulit sapi memang banyak dipilih sebagai bahan utama dalam pembuatan jaket kulit setelah kulit domba. Karakteristiknya yang lebih tebal dari pada kulit domba, membuat bahan ini banyak dipilih karena dipercaya lebih kuat dan lebih berbentuk. Tetapi kekurangan kulit sapi adalah tingkat kelemasnnya yang masih jauh jika di banding dengan kulit domba.

Cara merawat jaket kulit sapi sebenarnya tidak jauh beda dengan jaket kulit dengan bahan kulit lainnya. Dan berikut cara merawat yang mudah dilakukan di rumah.

  1. Sering gunakan jaket kulit untuk menjaga kelemasan jaket.
  2. Hanger jaket kulit jika sedang tidak digunakan.
  3. Taruh di tempat yang tidak lembab.
  4. Simpan jaket di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik
  5. Jika jaket terkena air, segera keringkan dan angin-anginkan
  6. Selalu gunakan lotion khusu jaket kulit untuk merawat warna cat dan kelenturan jaket
  7. Jangan mencuci jaket dengan cara direndam kedalam air atau menggunakan mesin cuci. Jika tidak ada waktu ada baiknya jaket kulit di cucikan di laundry yang terpercaya
Demikian lah cara yang dapat di lakukan agar jaket kulit sapi tetap terjaga dan baik hingga bertahun-tahun. Jika jaket kulit mulai kusam, jaket bisa di cat kembali dan akan kembali seperti baru kembali.

Cara Merawat Jaket Kulit Biar Tidak Bau

Bagai mana cara merawat jaket kulit biar tidak bau. Pada dasarnya semua bahan kulit pasti akan menimbulkan bau yang khas, karena terbuat dari kulit binatang yang bau juga. Bau ini justru membuktikan jaket kulit tersebut adalah asli kulit, bukanlah kulit buatan atau sintetis.

Tapi bau yang sangat menyengat dari bahan kulit akan membuat jaket kulit tidak nyaman jika di gunakan. Agar bau pada jaket dapat berkurang, paling tidak berbau menyengat dapat dilakukan dengan cara berikut
  1. Taruh jaket kulit di hanger dan simpan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik
  2. Selalu gunakan jaket kulit, dengan sering di gunakan bau jaket akan berkurang
  3. Bisa juga menggunakan menaburkan bubuk baking soda pada jaket
  4. Taruh pembasmi bau atau kapur barus pakaian dekat dengan jaket kulit
  5. Untuk mengurangi bau yang menyengat bisa juga dengan mencuci jaket kulit dengan cara yang benar
Pada dasarnya bau jaket kulit akan hilang dengan sendirinya seiring pemakaian jaket. Tetapi untuk mengindari bau yang menyengat, ada baiknya pada saat membeli jaket kulit pilih lah kulit domba. Karena bau pada kulit domba tidaklah terlalu menyengat jika dibanding dengan kulit sapi atau pun kambing.

Cara Merawat Jaket Kulit Jamuran

Tempat penyimpanan yang lembab dengan sirkulasi udara yang buruk akan menimbulkan jamur pada jaket kulit. Jamur yang timbul akan tampak jelas apa lagi di jaket kulit yang berwarna hitam. Cara merawat jaket kulit jamuran dapat dilakukan dengan beberapa cara

  1. Siapkan lotion khusus jaket kulit, semprot bagian jaket yang terkena jamur. Usap dengan spon atau kain halus sampai jamur terangkat dan hilang
  2. Jika tidak memiliki lotion untuk jaket kulit, bisa juga dengan mengusap bagian yang kena jamur dengan kain basah yang telah di rendam di air hangat yang di tambahkan cuka. Berbadingan cuka dan air adalah 1 : 8
Jangan takut untuk membeli jaket kulit karena takut tidak dapat merawatnya dengan baik. Pada dasarnya jaket kulit cukup kuat dan mampu bertahan hingga 10 tahun lebih jika di rawat dengan benar.

Demikian 7 Cara Lengkap Merawat Jaket Kulit Dengan Baik dan Benar. Jika Anda ingin membeli jaket kulit, pilih lah penjual jaket kulit yang terpercaya seperti di www.jaketkulitdomba.com. Produsen jaket kulit domba super asli garut yang telah bertahun-tahun memproduksi jaket kulit dengan kualiatas terbaik di kelasnya dan telah dibuktikkan dengan banyaknya testimoni para konsumennya.